Thursday 19 March 2015

Jaringan Komputer

Jaringan Komputer
Sebelum mengenali lebih jauh apa saja jenis jaringan komputer, terlebih dahulu kita harus mengetahui pengertian jaringan komputer. Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi(peramban web). Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer. Setelah mengetahui pengertian mengenai jaring komputer, ada enam jenis jaringan komputer yang dapat diketahui secara umum, yaitu :


1. Local Area Network ( LAN )
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEia7hen67C8l_pMb8eiEDPcuwyoGMLHtaqRY0jFy4yQC1Za-uobbtA32YbQMAZd5ZIO4xYSgeH_N6vNrsShg3d3TzJ6Li7UQ9B6FY1isQSXQdsq6InhMe7NePbJ3byFUoSK-bx6y_641DD-/s1600/local-area-network.jpg
Local Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fibiasa disebut hotspot.

Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur.Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.

Berbeda dengan Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN), maka LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut :
  • Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
  • Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
  • Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi
  • Biasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan digunakan menjadi server yang mengatur semua sistem di dalam jaringan tersebut.

2. Metropolitan Area Network ( MAN )
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgEfv7YQzMMCgNG7InmOj5z9ecAIOoR1DiwPFoP5FUL_meKi9z9GCaQoTTISOSl05Ly1hxo_-KVXeZrCJSP87Jt7lDSyT0dzQtsshy_4BjjuZIvs2f3GO9fVYHJapOJJZQwWuwKkFcjgKlR/s1600/metropolitan-area-network.jpgMetropolitan Area Network (MAN) / Jaringan area Metropolitan adalah jaringan komputer yang meliputi area yang lebih besar dari LAN, misalnya antar wilayah dalam satu propinsi. Dalam hal ini jaringan menghubungkan beberapa buah jaringan-jaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar, sebagai contoh yaitu, jaringan departemen dimana beberapa kantor departemen tingkat kabupaten/kota  dihubungkan antara satu dengan lainnya.







3. Wide Area Network ( WAN )
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEitR7vFTtr8g7n_F4GpvAvVPJe7m-KnB0VongCmnaP7UDk9osKGKdHlpfhYQ1Oygn7XqbUO-CeVZVixLpV2I3DmXylBnaJNvQMRzyIdLVTh6tAT-likplal-XFYQzA_7Z2lmhX_oesqmyE3/s1600/wide-area-network.jpg
WAN adalah singkatan dari istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris: Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.

WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.

4. PAN (Personal Area Network)
PAN adalah singkatan dari personal area network. Jenis jaringan komputer PAN adalah hubungan antara dua atau lebih sistem komputer yang berjarak tidak terlalu jauh.Biasanya Jenis jaringan yang satu ini hanya berjarak 4 sampai 6 meter saja.Jenis jaringan ini sangat sering kita gunakan.contohnya menghubungkan hp dengan komputer.




5. Internet
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgk2tygZnpDuFPT0cNebD1L6pPMVJ3x_gaqo43-RC1i148xPBDuS6CTGVjA1paV5NZMmnK42808PHU8G6Cw_IQy_6y85Yun0MBrEZ1W9G91vFljsmJ3_4MLLSsHkvITsItfueJ3cLtCrBWU/s1600/download.jpg
Orang yang terhubung kejaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringan yang seringkali tidak kompatibel dan berbeda.Kumpulan jaringan yang saling terhubung (terinterkoneksi) inilah yang disebut dengan Internet.

6.  Jaringan Tanpa Kabel 
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhE-87KpmG1DeX_v2TuzYT4B4Ws7WmoCeWvyOlyuNJlgHVmz2PhSvzW90P84Go9Ke5hfLmA7yqcCk_1AlKlRROkeGvTRyF8fQq7BUZl26B-vMK2pLYY490coQtDe4T5NED1cAXP4kRvN_sL/s1600/Wireless-Router.png
Jaringan tanpa kabel atau yang biasa lebih dikenal dengan Wireless merupakan sebuah solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Jaringan tanpa kabel memiliki kelebihan karena lebih leluasa bergerak (mobile) dalam melakukan aktifitas komunikasi.

CARA KERJA JARINGAN

A. Jaringan Berbasis Server
Disebut juga client-server terdiri atas server yang biasanya menggunakan sistem windows 2000  server.

B. Jaringan Peer to Peer
Setiap komputer dapat membuat account user dan berbagai sumber.contohnya windows 98,windows NT workstation dan windows 2000 profesional.




Sumber :

Jenis-jenis Protokol Pada Internet
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgb7ez-7buvZBF-7tw6UNkO8yJqpbIp7gYdd6La4pfRsbV9xP8VlM7rovOIC1QF_AEFzQPU7Uole7ngkF3564d_pObFR0zG5_ep78XOY8KVCy7-fQwarjPVlJlttan6Oxri-mZMrvw8vBZ3/s1600/ip-suite2.gifSetelah mengetahui apa itu jaringan komputer, selanjutnya yang tidak kalah penting dalam kegiatan bertukar informasi melalui jaringan komputer khusunya internet adalah jenis-jenis protocol dan fungsinya pada jaringan komputer. Ada berbagai macam istilah pada jenis-jenis protokol yang sebagiannya sudah kita kenal namun tidak tahu apa arti dan fungsinya, nah untuk itu berikut ini adalah istilah-istilah yang ada dalam protokol internet.
TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol)Adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet. Protokol ini tidaklah dapat berdiri sendiri, karena memang protokol ini berupa kumpulan protokol (protocol suite).Protokol ini juga merupakan protokol yang paling banyak digunakan saat ini.Data tersebut diimplementasikan dalam bentuk perangkat lunak (software) di sistem operasi. Istilah yang diberikan kepada perangkat lunak ini adalah TCP/IP stack. Pada TCP/IP terdapat beberapa protokol sub yang menangani masalah komunikasi antar komputer. TCP/IP mengimplemenasikan arsitektur berlapis yang terdiri atas empat lapis, diantaranya adalah :
  1. Protokol lapisan aplikasi
  2. Protokol lapisan antar-host
  3. Protokol lapisan internetwork
  4. Protokol lapisan antarmuka jaringan

UDP ( User Datagram Protokol)UDP, singkatan dari User Datagram Protocol, adalah salah satu protokol lapisan transpor TCP/IP yang mendukung komunikasi yang tidak andal (unreliable), tanpa koneksi (connectionless) antara host-host dalam jaringan yang menggunakan TCP/IP.
  • Connectionless (tanpa koneksi): Pesan-pesan UDP akan dikirimkan tanpa harus dilakukan proses negosiasi koneksi antara dua host yang hendak berukar informasi.
  • Unreliable (tidak andal): Pesan-pesan UDP akan dikirimkan sebagai datagram tanpa adanya nomor urut atau pesan acknowledgment. Protokol lapisan aplikasi yang berjalan di atas UDP harus melakukan pemulihan terhadap pesan-pesan yang hilang selama transmisi.
  • UDP menyediakan mekanisme untuk mengirim pesan-pesan ke sebuah protokol lapisan aplikasi atau proses tertentu di dalam sebuah host dalam jaringan yang menggunakan TCP/IP. Header UDP berisi field Source Process Identification dan Destination Process Identification.
  • UDP menyediakan penghitungan checksum berukuran 16-bit terhadap keseluruhan pesan UDP.
 Domain Name System (DNS)Domain Name System (DNS) adalah distribute database system yang digunakan untuk pencarian nama komputer (name resolution) di jaringan yang mengunakan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). DNS biasa digunakan pada aplikasi yang terhubung ke Internet seperti web browser atau e-mail, dimana DNS membantu memetakan host name sebuah komputer ke IP address. Selain digunakan di Internet, DNS juga dapat di implementasikan ke private network atau intranet dimana DNS memiliki keunggulan seperti:
  1. Mudah, DNS sangat mudah karena user tidak lagi direpotkan untuk mengingat IP address sebuah komputer cukup host name (nama Komputer).
  2. Konsisten, IP address sebuah komputer bisa berubah tapi host name tidak berubah.
  3. Simple, user hanya menggunakan satu nama domain untuk mencari baik di Internet maupun di Intranet.


Point-to-Point ProtocolPoint-to-Point Protocol (sering disingkat menjadi PPP) adalah sebuah protokol enkapsulasi paket jaringan yang banyak digunakan pada wide area network (WAN). Protokol ini merupakan standar industri yang berjalan pada lapisan data-link dan dikembangkan pada awal tahun 1990-an sebagai respons terhadap masalah-masalah yang terjadi pada protokol Serial Line Internet Protocol (SLIP), yang hanya mendukung pengalamatan IP statis kepada para kliennya. Dibandingkan dengan pendahulunya (SLIP), PPP jauh lebih baik, mengingat kerja protokol ini lebih cepat, menawarkan koreksi kesalahan, dan negosiasi sesi secara dinamis tanpa adanya intervensi dari pengguna.Selain itu, protokol ini juga mendukung banyak protokol-protokol jaringan secara simultan.
Serial Line Internet ProtocolSerial Line Internet Protocol dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut disingkat dengan SLIP.Sebuah protokol yang memungkinkan pemindahan data IP melalui saluran telepon. Alat bantu lainnya dalam SLIP adalah PPP yang mendeteksi kesalahan dan konfigurasi. Sistem ini memerlukan satu komputer server sebagai penampungnya, dan secara perlahan-lahan akan digantikan oleh standar PPP yang memiliki kecepatan proses lebih tinggi.
Internet Control Message Protocol (ICMP)ICMP adalah salah satu protokol inti dari keluarga. ICMP berbeda tujuan dengan TCP dan UDP dalam hal ICMP tidak digunakan secara langsung oleh aplikasi jaringan milik pengguna.salah satu pengecualian adalah aplikasi ping yang mengirim pesan ICMP Echo Request (dan menerima Echo Reply) untuk menentukan apakah komputer tujuan dapat dijangkau dan berapa lama paket yang dikirimkan dibalas oleh komputer tujuan. protokol internet. ICMP utamanya digunakan oleh sistem operasi komputer jaringan untuk mengirim pesan kesalahan yang menyatakan, sebagai contoh, bahwa komputer tujuan tidak bisa dijangkau.
POP3 (Post Office Protocol)POP3 adalah kepanjangan dari Post Office Protocol version 3, yakni protokol yang digunakan untuk mengambil email dari email server. Protokol POP3 dibuat karena desain dari sistem email yang mengharuskan adanya email server yang menampung email untuk sementara sampai email tersebut diambil oleh penerima yang berhak. Kehadiran email server ini disebabkan kenyataan hanya sebagian kecil dari komputer penerima email yang terus-menerus melakukan koneksi ke jaringan internet.
IMAP (Internet Message Access Protocol)IMAP (Internet Message Access Protocol) adalah protokol standar untuk mengakses/mengambil e-mail dari server. IMAP memungkinkan pengguna memilih pesan e-mail yang akan ia ambil, membuat folder di server, mencari pesan e-mail tertentu, bahkan menghapus pesan e-mail yang ada. Kemampuan ini jauh lebih baik daripada POP (Post Office Protocol) yang hanya memperbolehkan kita mengambil/download semua pesan yang ada tanpa kecuali.
adalah suatu  protokol yang umum digunakan untuk pengiriman surat elektronik atau email di Internet. Protokol ini gunakan untuk mengirimkan data dari komputer pengirim surat elektronik ke server surat elektronik penerima. Untuk menggunakan SMTP bisa dari Microsoft Outlook.biasanya untuk menggunakan SMTP di perlukan settingan :
1. Email Address : contoh —> anda@domainanda.com
2. Incoming Mail (POP3, IMAP or HTTP) server : mail.doaminanda.com
3. Outgoing (SMTP) server : mail.domainanda.com
4. Account Name : anda@domainanda.com
5. Password : password yang telah anda buat sebelumnya

HTTP (Hypertext Transfer Protocol)
HTTP (Hypertext Transfer Protocol) suatu protokol yang digunakan oleh WWW (World Wide Web).HTTP mendefinisikan bagaimana suatu pesan bisa diformat dan dikirimkan dari server ke client. HTTP juga mengatur aksi-aksi apa saja yang harus dilakukan oleh web server dan juga web browser sebagai responatas perintah-perintah yang ada pada protokol HTTP ini.
Contohnya bila kita mengetikkan suatu alamat atau URL pada internet browser maka web browser akan mengirimkan perintah HTTP ke web server. Web server kemudian akan menerima perintah ini dan melakukan aktivitas sesuai dengan perintah yang diminta oleh web browser. Hasil aktivitas tadi akan dikirimkan kembali ke web browser untuk ditampilkan kepada kita.
HTTPS
HTTPS adalah versi aman dari HTTP, protokol komunikasi dari World Wide Web.Ditemukan oleh Netscape Communications Corporation untuk menyediakan autentikasi dan komunikasi tersandi dan penggunaan dalam komersi elektris.Selain menggunakan komunikasi plain text, HTTPS menyandikan data sesi menggunakan protokol SSL (Secure Socket layer) atau protokol TLS (Transport Layer Security). Kedua protokol tersebut memberikan perlindungan yang memadai dari serangan eavesdroppers, dan man in the middle attacks. Pada umumnya port HTTPS adalah 443.
Tingkat keamanan tergantung pada ketepatan dalam mengimplementasikan pada browser web dan perangkat lunak server dan didukung oleh algorithma penyandian yang aktual.
Oleh karena itu, pada halaman web digunakan HTTPS, dan URL yang digunakan dimulai dengan ‘https://’ bukan dengan ‘http://’
SSH (Sucure Shell)SSH adalah protocol jaringan yang memungkinkan pertukaran data secara aman antara dua komputer. SSH dapat digunakan untuk mengendalikan komputer dari jarak jauh mengirim file, membuat Tunnel yang terrenkripsi dan lain-lain. Protocol ini mempunyai kelebihan disbanding protocol yang sejenis seperti Telnet, FTP, Danrsh, karena SSH memiliki system Otentikasi,Otorisasi, dan ekripsinya sendiri. Dengan begitu keamanan sebuah sesi komunikasi melalui bantuan SSH ini menjadi lebih terjamin.
Telnet (Telecommunication network)Adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan di koneksi Internet atau Local Area Network. TELNET dikembangkan pada 1969 dan distandarisasi sebagai IETF STD 8, salah satu standar Internet pertama.TELNET memiliki beberapa keterbatasan yang dianggap sebagai risiko keamanan.
FTP ( File Transfer Protocol )FTP ( File Transfer Protocol ) adalah sebuah protocol internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) computer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork. FTP atau protocol Transmission Control Protocol (TCP) untuk komunikasi data antara klien dan server, sehingga diantara kedua komponen tersebut akan dibuatlah sebuah sesi komunikasi sebelum transfer data dimulai. FTP hanya menggunakan metode autentikasi standar, yakni menggunakan User name dan paswordnya yang dikirim dalam bentuk tidak terenkripsi. Pengguana terdaftar dapat menggunakan username dan password-nya untuk mengakses ,men-dawnload ,dan meng- updlot berkas- berkas yang ia kehenaki. Umumnya, para pengguna daftar memiliki akses penuh terdapat berapa direkotri , sehingga mereka dapat berkas , memuat dikotri dan bahkan menghapus berkas. Pengguna yang belum terdaftar dapat juga menggunakan metode anonymous login,yakni dengan menggunakan nama pengguna anonymous & password yang diisi dengan menggunakan alamat e-mail. Sebuah server FTP diakses dengan menggunakan Universal Resource Identifier (URI) dengan menggunakan format ftp://namaserver. Klien FTP dapat menghubungi server FTP dengan membuka URI tersebut.
Tujuan FTP server adalah sebagai beikut :
  1. Untuk men-sharing data.
  2. Untuk menyediakan indirect atau implicit remote computer.
  3. Untuk menyediakan tempat penyimpanan bagi User.
  4. Untuk menyediakan tranper data yang reliable dan efisien.

LDAP
LDAP (Lightweight Directory Access Protocol) adalah protokol perangkat lunak untuk memungkinkan semua orang mencari resource organisasi, perorangan dan lainnya, seperti file atau printer di dalam jaringan baik di internet atau intranet.Protokol LDAP membentuk sebuah direktori yang berisi hirarki pohon yang memiliki cabang, mulai dari negara (countries), organisasi, departemen sampai dengan perorangan. Dengan menggunakan LDAP, seseorang dapat mencari informasi mengenai orang lain tanpa mengetahui lokasi orang yang akan dicari itu.
SSL (Secure Socket Layer)SSL (Secure Socket Layer) adalah arguably internet yang paling banyak digunakan untuk enkripsi. Ditambah lagi, SSL digunakan tidak hanya keamanan koneksi web, tetapi untuk berbagai aplikasi yang memerlukan enkripsi jaringan end-to-end.
Secure Sockets Layer (SSL) merupakan sistem yang digunakan untuk mengenkripsi
pengiriman informasi pada internet, sehingga data dapat dikirim dengan aman. Protokol SSL mengatur keamanan dan integritas menggunakan enkripsi, autentikasi, dan kode autentikasi pesan.SSL protocol menyedian privasi komunikasi di internet.SSL tidak mendukung fileencryption, access-control, atau proteksi virus, jadi SSL tidak dapat membantu mengatur data sensitif setelah dan sebelum pengiriman yang aman.
Berikut adalah Jenis-Jenis dari Protocol Jaringan :
1. Ethernet
Protokol Ethernet paling banyak di gunakan dalam sistem jaringan.Ethernet menggunakan metode akses yang disebut dengan CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access/Collision Detection) dalam mengkomunikasikan data. Protocol Ethernet bekerja dengan memperhatikan network atau jaringan sebelum di lakukan transformasi atau transmisi data . Apabila jalur masih sibuk maka akan dia akan menunggu melakukkan pengiriman data hingga jalur bersih dari data.
Topologi          : Topologi BUS dan Topologi Star
Kabel               : Coaxial, Fiber Optic dan Twisted Pair
Kecepatan       : 10 Mbps.
2. Local Talk
Local Talk merupakan protokol jaringan dengan menggunakan metode akses yang disebut CSMA/CA (Carrier Sense Multiple Access with Collision Avoidance) dalam mengkomunikasikan data. Protocol Local Talk di Populerkan oleh Machintos atau Apple Computer.Protocol Local Talk bekerja dengan menghindari dari tabrakan saat pengiriman data.Adapter Local Talk dan Kabel Twisted Pair khusus di gunakan dalam jaringan ini melalui serial port.
Topologi          : Topologi Bus
Kabel               : Twisted Pair
Kecepatan       : 230 Kbps
3. Token Ring
Protokol Token Ring di populerkan oleh IBM pada tahun 1980.Metode akses protokol Token Ring adalah melalui sebuah Token dalam sebuah lingkaran seperti cincin.Sinyal Token bergerak berputar dalam sebuah lingkaran (cincin) dalam sebuah jaringan dan bergerak dari satu komputer menuju ke komputer lainnya. Jika pada persinggahan di salah satu komputer terdapat data yang ingin ditransmisikan, Token akan mengirimkan data ke tempat yang di inginkan tersebut. Selanjutnya, Token bergerak untuk saling mengkoneksikan di antara masing-masing komputer.
Topologi          : Topologi Star
Kabel               : Twisted Pair dan Fiber Optic
Kecepatan       : 4 Mbps – 11 Mbps
4. FDDI (Fiber Distributted Data Interface)
FDDI merupakan protokol jaringan dengan metode akses model Token. FDDI menghubungkan beberapa komputer sampai jarak yang jauh. Topologi ini bentuknya sama dengan Token Ring tetapi menggunakan 2 buah ring. Dengan Maksud apabila ring 1 ada masalah maka secara otomatis akan berpindah ke ring 2.
Topologi          : Topologi Star
Kabel               : Fiber Optic
Kecepatan       : 100 Mbps
Dari ke empat macam Protocol di atas, Protocol yang paling populer atau berkembang adalah Protocol Ethernet karena Protocol Ethernet Cara Instalasi nya yang mudah dan Alat yang di pergunakan mudah untuk di cari di pasaran.
5. TCP/IP (singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah standar komunikasidata yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet. Protokol ini tidaklah dapat berdiri sendiri, karena memang protokol ini berupa kumpulan protokol (protocol suite).Protokol ini juga merupakan protokol yang paling banyak digunakan saat ini. Data tersebut diimplementasikan dalam bentuk perangkat lunak(software) di sistem operasi. Istilah yang diberikan kepada perangkat lunak ini adalah TCP/IP stack
TCP/IP pun mempunyai beberapa layer, layer-layer itu adalah :
  1. IP (internet protocol) yang berperan dalam pentransmisian paket data dari node ke node. IP mendahului setiap paket data berdasarkan 4 byte (untuk versi IPv4) alamat tujuan (nomor IP). Internet authorities menciptakan range angka untuk organisasi yang berbeda. Organisasi menciptakan grup dengan nomornya untuk departemen. IP bekerja pada mesin gateaway yang memindahkan data dari departemen ke organisasi kemudian ke region dan kemudian ke seluruh dunia.
  2. TCP (transmission transfer protocol) berperan didalam memperbaiki pengiriman data yang benar dari suatu klien ke server. Data dapat hilang di tengah-tengah jaringan. TCP dapat mendeteksi error atau data yang hilang dan kemudian melakukan transmisi ulang sampai data diterima dengan benar dan lengkap.
  3. Sockets yaitu merupakan nama yang diberikan kepada subrutin paket yang menyediakan akses ke TCP/IP pada kebanyakan sistem.
Pengertian IP address
Internet Protocol Address merupakan singkatan dari IP address. Pengertian IP address adalah suatu identitas numerik yang dilabelkan kepada suatu alat seperti komputer, router atau printer yang terdapat dalam suatu jaringan komputer yang menggunakan internet protocol sebagai sarana komunikasi. IP address memiliki dua fungsi, yakni:
  1. Sebagai alat identifikasi host atau antarmuka pada jaringan.
Fungsi ini diilustrasikan seperti nama orang sebagai suatu metode untuk mengenali siapa orang tersebut. dalam jaringan komputer berlaku hal yang sama.
  1. Sebagai alamat lokasi jaringan.
Fungsi ini diilustrasikan seperti alamat rumah kita yang menunjukkan lokasi kita berada. Untuk memudahkan pengiriman paket data, maka IP address memuat informasi keberadaannya. Ada rute yang harus dilalui agar data dapat sampai ke komputer yang dituju.
IP address menggunakan bilangan 32 bit. Sistem ini dikenal dengan nama Internet Protocol version 4 atau IPv4. Saat ini IPv4 masih digunakan meskipun sudah ada IPv6 yang diperkenalkan pada tahun 1995.Hal ini dikarenakan tingginya pertumbuhan jumlah komputer yang terkoneksi ke internet.Maka dibutuhkan alamat yang lebih banyak yang mampu mengidentifikasi banyak anggota jaringan.
Format IP address
Sebenarnya pengalamatan IP address menggunakan bilangan biner. Namun supaya lebih mudah ditulis dan dibaca oleh manusia, maka IP address ditulis dengan bilangan 4 desimal yang masing-masing dipisahkan oleh titik.Format penulisan ini disebut sebagai dotted-decimal notation. Setiap bilangan desimal merupakan nilai dari satu oktet atau delapan bit alamat IP. Sebagai contoh adalah sebagai berikut:
192.168.1.1
Jika dikonversi menjadi bilangan biner adalah sebagai berikut:
11000000.10101000.1.1
Lebih mudah dibaca yang mana?
Kelas IP address
Para administrator jaringan penggagas IP address membaginya menjadi 5 kelas, yakni A, B, C, D dan E. Perbedaan pada tiap kelas tersebut adalah ukuran dan jumlahnya. IP kelas A dipakai oleh jaringan kecil yang memiliki anggota yang sedikit. Lalu berturut-turut B dan C. Sedangkan untuk D dan E adalah alamat IP untuk keperluan eksperimental
KELAS A , pada kelas A 8 bit pertama adalah network Id, dan 24 bit selanjutnya adalah host Id, kelas A meiliki network Id dari 0 sampai 127.
KELAS B , pada kelas B 16 bit pertama adalah network Id, dan 16 bit selanjutnya adalah host Id, kelas B memiliki network id dari 128 sampai 191
KELAS C, pada kelas C 24 bit pertama adalah network Id, dan 8 bit selanjutnya adalah host Id, kelas C memiliki network id dari 192 sampai 223
KELAS D, IP kelas D digunakan untuk multicasting, yaitu penggunaan aplikasi secara bersama-sama oleh beberapa komputer, dan IP yang bisa digunakan adalah 224.0.0.0 – 239.255.255.255
KELAS E,  memiliki range dari 240.0.0.0 – 254.255.255.255, IP ini digunakan untuk eksperimen yang dipersiapkan untuk penggunaan IP address di masa yang akan datang.

INTERNET
Internet adalah jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia
E-GOVERNMENT
E-Government adalah penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, terkait urusan bisnis, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan.e-Government diaplikasikan pada pemerintahan untuk meningkatkan efisiensi internal, menyampaikan pelayanan publik, atau proses kepemerintahan yang demokratis dan transparan.
E.BUSSINESS
Kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis menggunakan sistem informasi komputer.E-bisnis memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal mereka secara lebih efisien dan fleksibel.E-bisnis juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik.
E-COMMERCE
Penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistemelektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.E-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. 

Sumber :http://id.wikipedia.org/wiki/E-Business


Macam - Macam Search Engine dan Penjelasannya

1.Netscape Navigator,
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgM7vLGzsI2xEfjZglvbGNTuyfhaeL3vL_hknLz0DEagV9_cgFg-5-LGf5uDm5JuSDuutEwCG5kwx4J6XOT5YbiMHVNF8ln1mg7i4OiOfVfcpN4jhgrNkgOUAHQX49XZbt-FabnIZK3GNQ/s1600/netscape.jpg

Netscape Navigator merupakan browser web yang terkenal pada era 1990-an dan paling banyak digunakan sebelum kemunculan Internet Explorer dari Microsoft, yang dibuat oleh Netscape Corporation. Pada zamannya, Netscape banyak digunakan oleh pengguna karena memanglebih baik dibandingkan dengan beberapa web browser berbasis grafis yang lainnya saat itu. Netscape tersedia dalam platform Windows 16-bit (Win16), Windows 32-bit (Win32), UNIX, sertaMacintosh. Netscape Navigator merupakan browser yang dibuat dari basis kode sumber Mosaic Web Browser dari National Center for Supercomputing Applications(NCSA), karena memang pembuat NCSA (Marc Andressen) adalah pendiri Netscape Corporation. Selain tersedia dalam bentuk Netscape Navigator, Netscape juga mengeluarkan paket suite Internet, yang disebut sebagai Netscape Communicator, yang menggabungkan Navigator, klien e-mail, editor halaman web, dan aplikasi lainnya.
Pada tahun 1999, Netscape Corporation diakusisi oleh America Online (AOL), danproyek Gecko yang sedang dibuat oleh Netscape pun dibuat terbuka kode sumbernya (open source) setelah Netscape mendirikan proyek Mozilla.org. Jadi bisa diambil kesimpulan bahwa Netscape Navigator adalah browser web yang merupakan gagasan bagi browser Mozilla Firefox.
Download Netscape, klik Download

2.Internet Explorer
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhbsQubv3FXmsgc2z7M1xOMl3dXaBzCLexDGCBEbZmfkM1hmBVX5lCkpkPeGDyDqG9EFa98ZGWgEbSa67T3C7w-zIG5C0XMa9wk0YMTlQS1ME0h4fgc3wQqiGqjcFUFdccGCzjxdrWi-kM/s1600/internetexplorer1.jpg

                Internet Explorer 7 dalam Windows Vista
Internet Explorer, disingkat IE atau MSIE, adalah sebuah browser web proprieteryang gratis dari Microsoft. Ia tersedia untuk kebanyakan versi Microsoft Windows, namun Microsoft telah berhenti mengeluarkan versi ter-update untuk semuaplatform kecuali Windows XP. Untuk beberapa waktu lamanya, Microsoft juga mengeluarkan Internet Explorer untuk Mac(yang berdasarkan mesin pengarsir yang berbeda) dan versi-versi untuk penggunaan melalui X Window System pada Solaris dan HP-UX,tetapi kini mereka sudah tidak dikembangkan.
Internet Explorer hingga kini masih merupakan browser web yang paling banyak digunakan, meliputi 93.7% dari keseluruhan penggunaan browser menurut sebuah perusahaan penganalisa web WebSideStory. Explorer diikutkan sebagai browser default di semua versi Microsoft Windows sejak Windows 95 OSR-2.
Windows XP Service Pack 2 keluaran Microsoft beberapa lama ini menambah beberapa fitur keamanan penting kepada Internet Explorer, termasuk firewall Windows yang sudah diupdate dan pemblokir pop-up. Ini dilakukan untuk meredam kekhawatiran mengenai spyware yang telah menyerang Explorer dengan berat. Microsoftmenganjurkan para pengguna untuk mengupdate Microsoft Windows (melalui Windows Update) secara berkala.
 Download Internet Explorer , klik Download

3.Mozilla Firefox
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj7AYZ3fTZ02Rs19j90xMGd-m1URVQq-6CSseqy8ZQcVaTBUSnf2YGxrhb_VhF8LJplFvuMZexZChxt16KCM8uZKEWP8-zjmK2hJallcPpsEJGEuamxf8ug7z2qnySItyp2lLZ8LtZHIlE/s1600/firefox.jpg

                         Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah penjelajah web antar-platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan. Versi 3.0 dirilis pada 17 Juni 2008.
Sebelum rilis versi 1.0-nya pada 9 November 2004, Firefox telah mendapatkan sambutan yang sangat bagus dari pihak media, termasuk dari Forbes dan Wall Street Journal. [1] [2] Dengan lebih dari 5 juta download dalam 12 hari pertama rilisnya dan 6 juta hingga 24 November 2004, Firefox 1.0 adalah salah satu perangkat lunak gratis,sumber-terbuka (open-source) yang paling banyak digunakan di antara pengguna rumahan. [3]
Melalui Firefox, Yayasan Mozilla betujuan untuk mengembangkan sebuah browser web yang kecil, cepat, simpel, dan sangat bisa dikembangkan (terpisah dari Mozilla Suite yang lebih besar). Firefox telah menjadi fokus utama perkembangan Mozilla bersama dengan client e-mail Mozilla Thunderbird, dan telah menggantikan Mozilla Suite sebagai rilis browser resmi Yayasan Mozilla.
Di antara fitur populer Firefox adalah pemblokir pop-up yang sudah terpasang di dalamnya, dan sebuah mekanisme pengembangan (extension) untuk menambah fungsionalitas tambahan. Meskipun fitur-fitur ini sudah tersedia untuk beberapa lamanya di browser-browser lainnya seperti Mozilla Suite dan Opera, Firefox merupakan browser pertama yang mendapatkan penerimaan dalam skala sebesar ini. Firefox ditargetkan untuk mendapat sekitar 10% pangsa pasar Internet Explorerkeluaran Microsoft (browser paling populer dengan margin yang besar (per 2004) hingga tahun 2005, yang telah disebut oleh banyak orang sebagai tahun kembalinyaperang browser. [4]
Firefox telah mendapatkan perhatian sebagai alternatif kepada Internet Explorer sejak Explorer dikecam karena tuduhan ketidakamanannya—pihak yang setuju terhadap anggapan ini mengatakan Explorer tidak mengikuti standar Web, menggunakan komponen ActiveX yang sering membahayakan, dan kelemahannya terhadap pemasangan spyware dan malware—dan kurangnya fitur-fitur yang dianggap pemakai Firefox penting. [5] Microsoft sendiri telah merespons bahwa mereka tidak menganggap jika isu-isu mengenai keamanan dan fitur Explorer perlu dikhawatirkan. [6].
Versi 2.0 diluncurkan pada 24 Oktober 2006. Pada versi 2.0 ini, Mozilla mempunyai bug (kelemahan) yaitu akan “crash” jika membuka web page (halaman Web) yang sangat besar dan memiliki JavaScript, namun hal ini telah diperbaiki. [7]
Versi 3.0 yang diluncurkan pada 17 Juni 2008 merupakan versi pertama yang mendukung antarmuka Bahasa Indonesia.
 Download Mozilla, klik Download

4.Opera
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgrMcNgX3BX5VJMgjaS824by42CgJ0ckRDkYxEX0YO9InrQWNO15HCGXTT0H7K5Z1HFIbk3HX_s100Cc2EvJOy3dp9EzkQbn0UA0Cxfqq3uxghQb9KXE9avmpdjHcSukISV0nS3Hdo603I/s1600/opera_logo.jpg

 Opera adalah penjelajah web dan paket perangkat lunak Internet antar-platform. Opera terdiri dari kumpulan perangkat lunak untuk Internet seperti penjelajah web, serta perangkat lunak untuk membaca dan mengirim surat elektronik. Opera dibuat oleh Opera Software yang bermarkas di Oslo, Norwegia. Opera dapat dijalankan di berbagaisistem operasi, termasuk Microsoft Windows, Mac OS X, Solaris, FreeBSD dan Linux.
Pengembangan Opera dimulai pada tahun 1994. Kala itu Opera merupakan sebuah proyek penelitian di Telenor, perusahaan telekomunikasi terbesar di Norwegia. Hingga Juli 2006, Opera telah mencapai versi 9 yang bisa diunduh gratis. Opera mempunyai 1,41% persentase pengguna di pasar browser. Alasan penggunannya memilih Opera adalah karena Opera dianggap ringan dan cepat dibanding Internet Explorer.
Selain dalam bentuk browser web, Opera juga hadir dalam bentuk mobile yang bisa dijalankan di telepon genggam atau PDA.
Download Opera, klik Download

5.Safari
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhO5y8djpYiB8YOnZAU7_-UIPtj8vfJE4WfCRoKD-qPyWGDdjHV2-LeUYMLUONTXhbwtdpOJxNRiPtdbyNd_VgB_e0U7mrcFiB_IRBGrQKRiUlTORwx5fZk0S4q5MEawxQkIeYKinuBxig/s1600/safari512px.jpg

            Safari adalah sebuah penjelajah web buatan Apple Inc. yang awalnya ditujukan khusus bagi sistem operasi Mac OS. Safari dibundel bersama Mac OS X dan merupakan penjelajah web default di sistem operasi tersebut sejak Mac OS X v10.3. Sebelumnya dari tahun 1997 hingga 2003, Mac OS X menggunakan Internet Explorer for Mac sebagai penjelajah web defaultPada 11 Juni 2007, versi preview untukWindows dari Safari diperkenalkan pada Konferensi Pengembang Sedunia Apple di San Francisco.
 Download Safari, klik Download

6.Google crome
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj1oHLxROxHjFT0H5_zeEGU9SqggG5T62dmIMN-suoXbc8eAKKV6oZgVf7S97ldnLQCmW2q0N3NEdGbvn8lzg0dEAAY_Bx-WK7A4hdfbwdhbhO5dxYHgh8jLUkNF8JRq7oid4a2ErJDc9E/s1600/google-chrome.jpg

Google Chrome adalah sebuah penjelajah web sumber terbuka yang dikembangkan oleh Google dengan menggunakan mesin rendering WebKit. Proyek sumber terbukanya sendiri dinamakan Chromium
Versi beta untuk Microsoft Windows diluncurkan pada 2 September 2008 dalam 43 bahasa. Versi Mac OS X dan Linux sedang dalam pengembangan dan dijadwalkan untuk dirilis tak lama lagi

Download Google Crome, klik Download 



7.Flock
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjD6CW2-OQSL6N5MNWjASTLgEI0p_0r_qZXOm55KB68MS5imQCEwaUTuKfa1ssm5Xo2EQYQqQ3Dq8jiR8v9PuYH5piveU-eMoz-5k3sg2-7hJ4BtnBqxDsIQdvCNK5dmqTbed4jN1DoUjI/s1600/images.jpg

            Flock, browser berbasis situs komunitas. Browser yang mengambil teknologi Firefox ini memang menjadikan halaman awalnya sebagai penyedia beberapa situs vendor berbasis situs atau media untuk komunitas. Halaman awal ini tetap muncul walau komputer anda dalam keadaan offline dan beberapa vendor yang dipasang adalah :
  • Youtube, sebagai media broadcasting
  • Gmail dan Yahoo mail, untuk membuka email
  • Blogger untuk anda yang hobi nge blog
  • Facebook, myspace dan digg untuk yang selalu ingin berhubung dengan sahabat anda di internet
  • Photobucket, tinypic dan Picasa untuk sharing foto kepada orang yang anda inginkan
  • Delicious dan magnolia untuk melihat bookmark anda secara online

Shortcut-shortcut diatas hanya beberapa, anda bisa mengeksplore nya lagi untuk mengetahui shortcut situs-situs komunitas lain.

Browser ini memang sangat cocok untuk anda yang selalu online dan sering berkunjung ke situs-situs komunitas.

fitur remember password akan disuguhkan ketika anda memasuki form login di sebuah situs (seperti firefox) dan tampilan yang memang lebih “gaul”, mendukung Addon seperti firefox juga, dan tombol “one-click” untuk blog editor, upload photo, akses situs-situs favorit anda, rss, dan Youtube media bar (yang akan muncul di atas browser). Jadi untuk anda yang ingin kemudahan dalam bersosialisasi di internet, gunakan browser ini.
Download Flock, klik Download

8.Slim Browser

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhbsQubv3FXmsgc2z7M1xOMl3dXaBzCLexDGCBEbZmfkM1hmBVX5lCkpkPeGDyDqG9EFa98ZGWgEbSa67T3C7w-zIG5C0XMa9wk0YMTlQS1ME0h4fgc3wQqiGqjcFUFdccGCzjxdrWi-kM/s1600/internetexplorer1.jpg

            Slim browser menggunakan teknologi Internet Explorer (IE) namun dengan banyak fitur dan tingkat sekuritas tinggi. Beberapa fitur yang dimiliki Slim browser adalah :
1.     mempunyai fitur AutoLogin untuk Web, Email, Situs E-commerce dan Forum.
2.     mempunyai fitur lock/ autolock yang menghindari pengguna lain ketika komputer sedang dalam keadaan idle (ditinggal). untuk menggunakan fitur ini, anda perlu menge-set master password. dan master password ini digunakan untuk membuka browser yang terkunci. ketika fitur ini digunakan, semua situs/ tab yang terbuka akan disembunyikan sehingga user lain tidak akan tahu.
3.     mampu untuk mentranslate (menerjemahkan) isi situs dengan bantuan fitur Google Translate kedalam bahasa inggris.
4.     terintegrasi dengan popup blocker. anda juga bisa mengatur situs mana yang ingin anda block. jadi ketika user lain membuka situs yang anda masukkan ke dalam black list, maka situs itu tak akan terbuka.
5.     terintegrasi dengan fungsi Upload file. memungkinkan anda untuk mengupload file ke ftp tanpa harus menggunakan software ftp uploader.
6.     mempunyai fitur “1 klik penghapus privasi”. hanya tinggal meng klik “Clean all trace” dari toolbar maka semua jejak history, cookies dan cache akan terhapus. tidak seperti browser lain yang membutuhkan beberapa langkah untuk melakukan fungsi semacam ini.
9.OperaTor
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgrMcNgX3BX5VJMgjaS824by42CgJ0ckRDkYxEX0YO9InrQWNO15HCGXTT0H7K5Z1HFIbk3HX_s100Cc2EvJOy3dp9EzkQbn0UA0Cxfqq3uxghQb9KXE9avmpdjHcSukISV0nS3Hdo603I/s1600/opera_logo.jpg

            Browser Opera yang lebih cantik dan powerfull untuk penjelajahan internet dengan Anonymous / “tak dikenal”. IP asli anda akan disembunyikan dengan menggunakan browser ini. OperaTor menggunakan browser Opera untuk berselancar namun terintegrasi dengan aplikasi Tor yang terdapat dalam satu bundle nya.

Saya menggunakan ini tanpa menginstall, bisa diartikan aplikasi ini bersifat portable dan bisa anda gunakan melalui flashdisk anda. namun 1 hal yang perlu diperhatikan, bahwa OperaTor hanya menyembunyikan IP anda pada protokol HTTP dan HTTPS saja. jika anda ingin tetap “anonymous” dalam dunia maya, maka anda perlu menggunakan fitur-fitur Opera seperti Java, Javascript, Bittorent dan email dan chat terintegrasi di Opera.

Tampilan OperaTor default ini lebih simple dan seperti browser Safari pada MAC OS.

Fitur-fitur standar Opera juga tertanam pada OperaTor. seperti email dan chat terintegrasi, fungsi popup blocker dan penambahan daftar situs yang ingin di blokir, Widget (addon pada Opera) juga ditanamkan dan tentunya mendukung untuk penambahan fungsi pada browser ini. Untuk melihat berbagai Widget yang ada, anda hanya cukup meng-klik Widgets di toolbar dan langsung akan mengarahkannya ke Opera Widget.

Dalam keadaan default, OperaTor akan menghapus data-data seperti cookies, history, cache, mail dan session ketika anda keluar dari browser ini. Mungkin seperti tema yang diusutnya, keep anonymous. Namun anda bisa mengaturnya sehingga tidak menghapus data-data ketika anda keluar dari browser ini.

Cocok untuk anda yang ingin tetap anonymous dan secure.

10.Maxthon

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh5uNsMKtTB_o-skzmipN7HoJRriv3E9vZQctb8eVnzFXmvod3RpmZa96mbbhpbb-6j4lrZA3uzjBT2UCN1Lwm6yZOhebmMiXQDa3FBBYLd63sbyJKFLBZNvxXAVtiu0WdOaQ5zVI5J2kE/s1600/maxthonbrowser.jpg

            Maxthon menggunakan IE sebagai dasar. namun punya fungsi yang mumpuni untuk kenyamanan anda berselancar di internet. dilengkapi dengan fitur Magic fill yang dibutuhkan untuk memasuki situs member. jadi fitur ini akan membuat anda lebih mudah, karena Maxthon akan menyimpannya. mempunyai beberapa tool yang dapat mentranslate halaman situs ke beberapa bahasa. tampilan user friendly dan cantik. ketika punyaNEWBIE coba untuk mendownload skin browser, ternyata maxthon otomatis mendownload 3 skin nya. padahal sebelumnya, punyaNEWBIE hanya menemukan satu skin saja (yaitu default).

Fitur lain yang membuat saya tercengang yaitu fitur screen capture, yang mengijinkan anda untuk menangkap gambar yang ada di desktop, jendela yang aktif atau di daerah tertentu. padahal ini adalah browser bukan aplikasi pengolah image. tapi fungsi ini tentu saja membantu.

Fitur lain yaitu pop up blocker yang memang paten dalam menangkal popup. saya uji dengan mengunjungi situs-situs yang biasanya mengandung popup (ziddu.com) dan Maxthon dapat memblokir halaman popup dengan sangat baik. ini dikarenakan fitur adhunter yang mengenali popup dan mencegahnya untuk muncul.
Download Maxtron, klik Download

11.Avant Browser

 Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhxA7ImkP4WeJ1FH7McGMzA9L71xb5vzr219Bsah-vGQCo9gGKUq6uA5w4i0ndrtRgQp300OGPpbIsF3dhBnV18HOc-IN2Y4ru2vkiAi66zGs6yMDkqSRkwN3wwYSrVQbidjhDAcN_wAxE/s1600/logo+(1).jpg

            Sama seperti browser lainnya, teknologi yang di usung oleh Avant browser hampir serupa dengan browser lain, seperti pop-up blocker, skin costumize, dll. Pihak Avant juga mengklaim browser mereka merupakan browser tercepat di dunia. Versi terbaru dari browser ini adalah versi 11.7. Silahkan download AVANT BROWSER / AVANT BROWSER ULTIMATE


Sumber: http://all-blog-share.blogspot.com/2013/01/jenis-jenis-browser.html

No comments:

Post a Comment